Tips Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kita perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru kita agar senantiasa sehat jauh dari penyakit paru-paru yang membahayakan. Selain jantung paru-paru juga termasuk salah satu organ vital kita yang harus kita jaga betul kesehatannya.

cara menjaga kesehatan paru-paru


Data dari departemen kesehatan menyebutkan bahwa mayoritas penyebab kematian di indonesia adalah pengidap penyakit paru-paru. Paru paru jika sudah mengidap suatu penyakit, maka pengobatannya tidak cukup satu atau dua bulan, tapi minimal enam bulan penuh harus minum obat secara rutin. Artikel terkait cara menjaga kesehatan hati dan empedu.

Jika dalam enam bulan cuma terjadi satu kali saja tidak minum obat, maka harus dimulai dari awal lagi. Bayangkan begitu beratnya pengobatan penyakit paru paru. Itupun tidak menjamin 100 % sembuh total. Oleh karena itu ada pepatah mengatakan “ lebih baik mengantisipasi daripada mengobati “.

Berikut ini beberapa tips dan cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa kita lakukan:


Berhenti merokok

Mendengar kalimat berhentilah merokok, ini tentu sangat berat bagi yang sudah terlanjur menjadi pecandu rokok. Namun jika ada niat dan tekad yang besar untuk hidup sehat, pasti bisa. Sudah banyak orang yang asalnya pecandu rokok namun sudah berhenti sama sekali.

Banyak banget efek negative yang diakibatkan dari rokok untuk kesehatan manusia. Merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit paru paru seperti hipertensi, stroke, kangker paru paru dan masih banyak lagi.

Dibawah ini bisa kita saksikan video simulasi bahanya asap rokok bagi paru paru kita.

Jaga kebersihan

Paru paru adalah organ tubuh yang lunak dan sangat rentan terhadap udara kotor. Oleh karena itu kita harus rajin menjaga kebersihan lingkungan kita. Mulai dari kebersihan tubuh, pakaian, kamar, rumah, sekitar rumah, makanan, minuman dan sebagainya. Jaga selalu kebersihan anda untuk kesehatan anda sendiri. Siak juga cara menjaga kesehatan jantung kita.

Konsumsi makanan sehat

Tubuh kita ini selalu membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk kebutuhan perawatan dan kesehatan seluruh organ-organ vital kita agar bisa bekerja dengan normal dan tidak mudah terserang penyakit.

Memperbanyak mengkonsumsi sayur sayuran hijau dan buah buahan sangat baik untuk kesehatan paru paru. Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat dan vitamin sehingga mempu menjaga metabolisme, tubuh dengan baik, mencegah diabetes dan bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

cara merawat kesehatan paru-paru
Kangker Paru-paru


Menggunakan masker saat berkendara motor dan bekerja

Lalu lintas yang semakin padat membuat polusi udara jalan semakin meningkat dan ini tidak baik untuk kesehatan paru paru kita. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan selalu masker saat berkendara motor untuk menjaga kebersihan udara yang dihirup oleh paru paru kita.

Bekerja juga banyak polusi, bekerja juga sebaiknya menggunakan masker. Apalagi jika lingkungan kerja kita selalu berhubungan dengan mesin dan debu, maka wajib bagi kita untuk selalu menggunakan masker.

Rajin berolah raga

Olah raga sangat baik untuk kesehatan seluruh tubuh kita. Olah raga yang baik untuk paru paru adalah lari pagi dan senam paru paru. Olah raga apapun juga bisa yang penting kita mau berolah raga agar sel-sel dan cairan yang tidak berguna keluar semua serta otot otot paru paru kita menjadi kuat dan sehat.

Nah itulah beberap langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan paru paru kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Demikianlah info singkat dari saya tentang cara menjaga kesehatan paru-paru yang kita sayangi ini, jika masih ada yang kurang, silahkan ditambahkan melalui kolom komentar dibawah ya.

thumbnail Title: Tips Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Posted by:Unknown
Published :2014-11-29T14:23:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Tips Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

0 Response to "Tips Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru"

Posting Komentar

wdcfawqafwef