Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dalam

Menjaga kesehatan telinga dalam seringkali dilupakan bahkan hampior tak pernah terfikirkan. Lain halnya dengan organ-organ fital seperti menjaga kesehatan jantung atau organ penting lainnya seperti menjaga kesehatan ginjal seringkali diulas di berbagai media.

cara menjaga kesehatan telinga dalam
Telinga merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi dan peranan penting untuk kehidupan kita. Jika telinga seseorang tuli sejak kecil maka orang itu akan menjadi bisu sebab tidak bisa menirukan berbagai macam bahasa yag ada disekitarnya karena telinganya tidak bisa menangkap suara untuk ditirukan.

Bagian-bagian pada telinga mempunyai fungsi dan peranan sendiri-sendiri. Misalnya daun telinga berfungsi untuk mengumpulkan suara yang keudian dimasukkan ke dalam lobang telinga selanjutnya akan ditangkap oleh gendang telinga dan selanjutnya dikirimkan ke otak. Maka otaklah yang akan menerjemahkan dan membaca berbagai jenis suara yang dikirimkan oleh terlinga.

Begitu pentingnya peranan telinga untuk kelangsungan hidup kita maka wajib bagi kita untuk menjaga dan merawatnya agar senantiasa sehat. Namun pada umumnya kita tidak menyadari bahwa banyak aktifitas kita yang ternyata membuat telinga kita menjadi menurun kinerjanya.

Memang tubuh kita ini terdiri dari berbagai organ yang kesemuanya penting untuk dijaga dan dirawat agar bisa bekerja secara kompak dan berkesinambungan dengan baik. Ibarat suatu kendaraan, motor misalnya, jika tidak kita rawat cuma dipakai saja setiap hari, lambat laun pasti ada bagain spear partnya yang kotor sehingga jika tidak dibersihkan , maka lambat laun akan rusak.

Organ tubuh kita juga demikian, perlu perawatan agar tetap bekerja dengan baik. Seperti telinga, jika tidak pernah dibersihkan dan diperhatikan serta dijaga dengan baik, maka lambat laun daya pendengarannya akan berkurang. Bahkan bukan tidak mungkin akan mengalami ketulian.
Dibawah ini mari kita simak cara menjaga kesehatan telinga dalam kita.

Bersihkan telinga seminggu sekali

Jangan terlalu sering mengorek kotoran telinga karena justru akan menimbulkan gejala penyakit baru. Cukup seminggu sekali dengan bahan alat yang lunak seperti cutton buds. Ketika anda membersihkan telinga usahakan jangan sampai mengenai kendang telinga.

Jangan gunakan sembarang alat

Kita sering menjumpai orang yang menggunakan alat seadanya untuk membersihkan telinganya. Seperti menggunakan batang korek api kayu atau sejenisnya. Menggunakan alat seadanya bukannya membersihkan tai justru akan mengotori bagian dalam telinga kita. Dan jika alat yang dipakai berbahan keras dan kaku tentu ini membahayakan gendang telinga kita.

Jangan biasakan mendengarkan suara yang terlalu keras

Jika anda menghidupkan sound system sebaiknya atur volumenya yang standart saja, sebab jika terlalu keras gendang telinga kita akan bergetar hebat sehingga jangka panjangya akan cepat rusak. Begitu juga ketika anda memutar lagu menggunakan handset, maka anda harus hati hati .

Jangan pernak menggarung lobang telinga dengan jari.

Jari yang menggarung telinga dapat menutupi seluruh lobang telinga, sehingga ketika digerakkan bagian dalam telinga akan terhisap oleh pergerakan jari kita. Hal ini sangat membahayan telinga dan bisa menimbulkan efek samping penyakit baru.

Rajin menjaga kesehatan hidung dan tenggorokan

Hidung dan tengorokan adalah organ yang berhubungan langsung dengan telinga, sehingga jika kita rajin merawat kesehatan hidung dan tenggorokan maka secara otomatis juga menjaga kesehatan telinga.

Jangan terlalu bersih

Bersih itu memang baik tapi tidak semua bersh itu baik apalagi kalu untuk rongga teinga kita. Dalam lobang telinga terdapat cairan minyak yang justru itu berfungsi untuk melengketkan debu yang masuk. Tanpa cairan minya itu, maka dengan mudah debu akan masuk ke telinga kita bagian dalam. Simak juga cara merawat kesehatan tubuh wanita secara alami.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda bagian dalam. Jika masih ada yang kurang silahkan di share melalui kolom komentar dibawah ya..?
thumbnail Title: Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dalam
Posted by:Unknown
Published :2014-11-26T07:06:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dalam

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dalam"

Posting Komentar

wdcfawqafwef