Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Cara menjaga kesehatan jantung kita – Jantung adalah sumber energi kehiupan dalam tubuh manusia. Fungsi jantung secara umum adalah untuk memompa darah ke sekujur tubuh dan kemudian menampungnya darah lagi setelah darah dibersihkan oleh paru-paru.

Cara menjaga kesehatan jantung



Jadi fungsi utama jantung kita adalah sebagai pemompa darah kita. Jika alat pemompa darah kita terdapat gangguan itu mungkin disebabkan oleh banyak faktor namun faktor yang utama penyebab gagal jantung adalah pola hidup tidak sehat.

Jantung bekerja terus menerus sejak manusia masih dalam kandungan hingga sampai berusia tua. Oleh sebab itu faktor usia bisa menjadi sebab menurunnya kinerja jantung apalgi jika kesehatan jantung tidak diperhatikan dengan melakukan pola hidup yang tidak sehat.

Nah melihat begitu pentingnya fungsi jantung untuk tubuh kita maka sudah seharusnya kita merawat dan menjaga kesehatan jantung kita agar tetap bisa memompa darah kita dengan lancer dan sehat. Simak juga cara menjaga kesehatan ginjal secara alami.

Untuk mempunyai jantung yang tetap sehat memang harus mau mekakukan beberapa cara seperti cara menjaga kesehatan jantung kita yang dapat anda simak dibawah ini :

1.       Melakukan Olah Raga.

Pokok usaha untuk kesehatan seluruh organ tubuh adalah dengan berolah raga. Olah raga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menguatkan organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, paru-paru dan seluruh organ-organ penting lainnya.

Olah raga uantuk kesehatan jantung banyak sekali macamnya yang bisa anda lakukan. Yang terpenting adalah anda rajin melakukan oleh raga setiap hari walaupun Cuma 15 menit dan walapun Cuma berlari-lari kecil natau berjalan cepat.

Berikut ini beberapa olah raga yag bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung anda.

a.       Berlari

Olah raga berlari adalah olah raga yang palinbg umum dilakukan serta hemat biaya dan bisa dilakukan dimanapuan anda berada. Olah raga berlari dampaknya sangat baik untuk kesehatan jantung sebab berlari dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta dapat mengurangi obesitas atau menrunkan berat badan.

Caranya awali dulu dengan berjalan cepat selama beberapa menit kemudian lanjtukan dengan berlari sampai anda merasa lelah. Setelah anda lelah anda jangun langsung duduk namun tetaplah berjalan untuk membakar semua kalori-kalori anda. 

b.      Bersepeda

Olah raga bersepada selain asik dilakukan juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan persendian kita. Bersepada juga dapat menurunkan dan menghilangkan kadar lemak bagian bawah tubuh kita. Waktu yang baik untuk melakukan olah raga bersepeda adalah dipagi dan sore hari saat cuaca cerah.

c.       Berenang

Olah raga yang satu ini tak kalah asiknya dengan olah raga bersepeda, berenang. Ya, olah raga berenang disamping menyenangkan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita terutama jantung. Berenang adalah olah raga yang terbaik karena menggerakkan seluruh organ tubuh kita sehingga detak jantung meningkat dan lemak-lemak disaluran pembuluh darahpun terkikis serta otot-otot jantung pun jadi kuat. Artikel menarik lainnya cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Cara menjaga kesehatan jantung kita
Penyakit jantung koroner


2.       Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung kita adalah makanan yang mengandung zat Allicin, zat allicin biasa terdapat didalam bawang putih. Menurut penelitian zat Allicin berfungsi untuk mengurangi ketegangan pembuluh darah.

Jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung kita adalah :
  • ·         Buah-buahan
  • ·         Buah straw berry
  • ·         Jenis kacang-kacangan
  • ·         Toge atau kecambah
  • ·         Saus tomat
  • ·         Yogurt
  • ·         Sayur-sayuran hijau

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung kita, semoga tips diatas bisa berguna ya. 
thumbnail Title: Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita
Posted by:Unknown
Published :2014-11-25T16:36:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita

0 Response to "Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita"

Posting Komentar

wdcfawqafwef