Cara Menjaga Kesehatan Hati Dan Empedu

Kita harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan hati dan empedu kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit liver dan penyakit empedu yang bisa mengganggu kesehatan dan keuangan kita. Bayak sekali peranan hati dalam tubuh kita, yaitu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh, membantu mengoptimalkan fungsi empedu untuk memproses pencernaan, memproduksi glukosa darah, mengatur kadar gula, kadar kolesterol, menyimpan energy,  dan masih banyak lagi. Simak juga cara menjaga kesehatan tulang kita.

cara menjaga kesehatan hati dan empedu

Sedangkan jika hati kita sedang ada gangguan atau sedang sakit, maka biasanya bisa dilihat dari gejala-gejalanya seperti :
  • Tidak nafsu makan
  • Sering kejang
  • Susah buag air besar
  • Sering mual dan muntah
  • Perut menjadi kembung
  • Berat badan semakin menurun
  • Warna tinja menjadi pucat
  • Kepala sering pusing
  • Punggung terasa sakit
  • Sering berkemih

Dan salah satu penyakit hati atau liver yang banyak dikenal adalah Hepatitis yaitu terjadinya gangguan pada sel-sel hati. Ada banyak penyakit hepatitis mulai dari hepatitis A hingga hepatitis F.
Hati juga memproduksi empedu yang kemudian disimpan dalam kantung empedu. Fungsi mpedu adalah untuk membantu proses penceranaan makanan. Sedangkan penyakit empedu yang paling umum adalah Batu empedu. 

Sakit batu empedu gejalanya hampir mirip dengan sakit maag, yaitu terasa nyeri di lambung dan tulang rusuk. Artikel lainnya cara menjaga kesehatan jantung kita.
Melihat begitu besarnya peranan hati dan empedu dalam tubuh, maka sebagai rasa syukur kita pada sang pencipta, maka kita harus merawat dan menjaga kesehatannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk menjaga agar hati dan empedu kita tetap sehat.

Menjaga kebersihan

Kita harus memperhatikan kebersihan dilingkungan kita terutama kebersihan makanan. Cuci tangan sebelum dan seduah menyentuk sesuatu adalah hal yang mutlak harus kita lakukan.
Jangan minum air kran

Jika kita sedang bepergian jauh biasanya sering terjadi keterpaksaan hingga haus minum air kran. Ini harus kita hindari utu kesehatan kita.

Hindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti segala jenis narkotika.
Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obata medis.
Atur pola makan yang baik
Jaga berat badan
Rajin berolah raga
Konsumsi makanan sehat

Disamping kita berusaha menghindari hal-hal yag bisa menyebabakan keruskaan hati kita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat untuk hati. Seperti mengkonsumsi sayursyuran hijau, buah-bauahan terutama banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Artikel terkait cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B adalah daging, kuning telur, kacang-kacangan, daging unggas, beras merah dan ikan. Selain itu mengonsumsi bawang dan borokoli juga bagus untuk kesehatan hati kita karena pada brokoli dan bawang mengandung banyak zat belerang.
Hindari mengkonsumsi minuman yang berakohol.

Sebenarnya kunci utama untuk menjaga kesehatan kita adalah menerapkan pola hidup sehat. Yaitu suka berolah raga, menjaga kebersihan, menkonsumsi makanan yang sehat dan segar, tidak merokok dan masih banyak lagi.

Itulah cara menjagakesehatan hati dan empedu kita untk mengantisipasi dari berbagai macam penyakit dalam yang merugikan kesehatan, semoga berguna.


thumbnail Title: Cara Menjaga Kesehatan Hati Dan Empedu
Posted by:Unknown
Published :2014-11-27T17:10:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menjaga Kesehatan Hati Dan Empedu

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Hati Dan Empedu"

Posting Komentar

wdcfawqafwef