Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

Menyimak info cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus ini sangat penting karena mata adalah organ fital manusia yang berjuta-juta manfaatnya. Saking banyaknya manfaatnya mata tentu satu buku tidak akan cukup untuki menuliskan manfaatnya. Kita tak bisa membayangkan jika kita tak punya mata atau mata kita tak bisa melihat, tentu hidup serasa menjadi hampa karena keindahan dunia ini kita tak bisa melihatnya.

cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus


Untuk itulah wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga dan merawat kesehatan mata kita walaupun mata kita sudah minus, agar mata kita masih tetap sehat dan bisa dipergunakan untuk segala keperluan kita serta tetap sehat sampai di usia tua nanti.

Jika kita tidak disiplin dalam merawat kesehatan mata, maka bisa jadi mata kita akan terserang berbagai macam jenis penyakit mata seperti rabun jauh, presbiopi, miopi atau bisa juga terserang hipermetropi. Nah untuk menghindari mata dari berbagai jenis penyakit tersebut, maka marilah kita jaga selalu kesehatan mata kita.

Sahabat, melalui artikel singkat ini saya akan berbagai tips agar mata kita tetap sehat dan bisa terjaga dari berbagai macam penyakit. Ada pribahasa “ lebih baik mengantisipasi dari pada mengobati “.
Oke, berikut ini tips cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus yang bisa anda lakukan.

           1. Jaga jarak ketika membaca buku.
Kita sering kali lupa akan jarak mata kita ketika sedang asik membaca. Padahal jarak mata yang terlalu dekat dengan yang kita baca akan berdapak negative bagi kesehatan mata kita. Jarak yang idel antara mata dengan buku atau apapun yang kita baca yaitu sekitar 40 cm.
  1. Istirahatkan mata agar tidak lelah.
Jangan biasakan mata anda pakai untuk membaca dalam waktu yang lama hingga berjam-jam tanpa istirahat sama sekali. Cara yang baik adalah istirahatkan mata anda secara berkala walaupun hanya dengan memejamkan mata dalam waktu beberapa menit.
Bisa juga dengan mengalihkan pandangan mata dengan pandangan jarak jauh yang ada di sekeliling kita. Minimal waktu istirahat yang baik adalah 30 per 5. Artinya 30 menit mata membaca dan lima menit mata istirahat.
Disamping istirahat ini untuk menyegarkan kembali pandangan mata kita juga untuk menyegarkan kembali otak kita agar tetap fresh dan mudah menangkap dan mengingat. Mata yang diapaki dalam waktu lama tanpa istirahat, maka pada korneo mata akan kering karena kurang cairan sehingga mata akan terasa perih.
  1. Kasih pelindung mata disaat cuaca sangat cerah dan panas.
Pada saat anda berada di suasana yang menyilaukan sebaiknya gunakan pelindung mata anda dengan memakai kaca gelap baik berupa kaca mata, kaca mobil dan sebagainya agar mata tetap terlindungi dari sinar yag menyilaukan itu.
  1. Jangan membaca sambil berbaring.
Membaca buku atau majalah sambil berbaring sangat tidak dianjurkan karena bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan mata kita. Membaca yang baik adalah membaca sambil duduk atau posisi tubuh kita tegak tidak berbaring.
  1. Jangan membaca di tempat yang gelap.
Rungan yang gelap atau kurang terang tidak bagus untuk dipakai membaca. Jika anda paksakan mata anda akan bekerja sangat ekstra untuk menangkap obyek yang kita baca sehingga mata akan mengalami drop dan akibatnya sangat fatal. Sebaiknya kasih penerangan yang cukup disaat membaca. Tidak terlalu terang sampai menyilaukan dan tidak juga terlalu gelap, tapi penerangan yang cukup.
  1. Pakai pelindung mata disaat bekendara motor.
Kita semua tahu tingkat polusi udara dijalan raya saat ini sangat parah seiring dengan bertambah banyaknya pengendara motor yang memadati jalan. Maka wajib bagi anda memakai pelindung mata disaat berkendara motor agar polusi udara jalan tidak hinggap dimata kita. Pelindung mata yang baik disaat berkendara motor adalah memakai helem standart aturan lalu lintas. Helem standart sudah dilengkapi dengan kaca yang aman untuk mata dan kepala kita.
  1. Konsumsi makanan yang bergizi.
Disamping kita melakukan aktifitas yang baik untuk menjaga kesehatan mata kita agar tidak cepat minus, juga perlu ditunjang dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang baik untuk kesehatan mata kita adalah wortel, papaya, sayuran hijau, jagung kuning, tomat, ubi jalar, serta salmon dan minyak zaitun.
  1. Istirahat secara teratur.
Istirahat secara tertaur tentu sangat baik untuk kesehatan fisik kita termasuk juga untuk kesehatan mata kita. Terlalu sering begadang hingga sampai dini hari tentu kurang baik untuk kesehatan mata dan fisik kita.
  1. Perisakan ke dokter minimal 6 bulan sekali.
Dengan rajin memeriksakan mata kita ke dokter spesialis mata, maka kita akan tahu kondisi kesehatan mata kita sehingga kita bisa cepat mengambil tindakan jika terjadi kejanggalan.
Nah itulah sekilas info tentang cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus dan tetap sehat, semoga berguna.
thumbnail Title: Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus
Posted by:Unknown
Published :2014-11-22T18:07:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus"

Posting Komentar

wdcfawqafwef